Katakepo.blogspot.com - Setelah mengalami "defisit" pasok pada kuartal I 2013, Jakarta
menebusnya dengan tiga pusat belanja baru yang buka pada kuartal
berikutnya yakni Street Gallery di Pondok Indah Mall, Lotte Shopping
Avenue di Ciputra World Jakarta dan Cipinang Indah Mall. Ketiganya
menambah ruang sebanyak 107.100 meter persegi terhadap total ruang pusat
belanja Jakarta menjadi 4,2 juta meter persegi.
Tak cukup hanya
tiga, dari riset terbaru yang dilansir Colliers International Indonesia,
ibu kota ini akan dipenuhi sebelas pusat belanja lagi hingga 2016
mendatang. Pusat belanja tersebut adalah The Bay Walk di Green Bay
Pluit, St. Moritz Mall di Puri Indah, Mal Puri Indah Extension, Mal
Kelapa Gading III Extension, Pantai Indah Kapuk Mall, Central Park Mall
Extension, Grand Cipulir, Shopping Mall @ Pancoran, Mal Puri Indah II,
Holland Village Mall, dan Mall @ The City Center.
Keseluruhan
pusat belanja tersebut seluas 498.200 meter persegi. Sehingga jika
dikumulasikan, total luas ruang ritel akan mencapai 4,698 juta meter
persegi.
Tidak seperti pasok yang mengalami pertumbuhan, tingkat keterisian (occupancy rate)
justru mengalami sedikit penurunan. Dari sebelumnya 88,9 persen,
menjadi 87,3 persen pada kuartal II 2013. Penurunan tingkat hunian ini,
menurut Colliers, terjadi pada mal-mal lama.
Sementara
mal-mal baru yang berada di Pusat, dan Selatan Jakarta justru mengalami
peningkatan hunian sebanyak 10 persen karena kegiatan transaksi sewa
baru. Sebut saja Mal Kota Kasablanka dan Lippo Mall Kemang. Ada pun
rerata tarif sewa mencapai 469.818 per meter persegi per bulan.
Associate
Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto,
mengatakan, pertumbuhan pusat belanja ini dipengaruhi oleh bisnis ritel
yang berkembang. Para pebisnis ritel kian ekspansif membuka gerai-gerai
terbaru mereka.
"Ekspansi peritel yang mengusung brand asing untuk pasar Indonesia akan terus terjadi di masa depan," ujar Ferry dalam laporan risetnya.
Uniqlo, merek pakaian yang berbasis di Jepang bahkan akan memperluas pangsa pasar mereka di Indonesia dengan menambah gerainya. Setelah LOVE, mereka akan hadir di mal kawasan Kelapa Gading dan koridor S Parman.
Sementara
peritel asal Swedia, H & M juga akan membuka dua toko sekaligus
yakni di Gandaria City pada kuartal 3 tahun ini dan di Grand Indonesia
yang mereka jadikan flagship store pada tahun depan.
No comments:
Post a Comment