Katakepo.blogspot.com - Kesuksesan suatu perusahaan tidak hanya tergantung dari pimpinan
yang mumpuni saja, tapi juga karena kekompakkan seluruh personil tim
kerja. Visi dan misi yang menyatu akan memuluskan pencapaian bersama.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh J. Richard Hackman, Harvard
University, mengatakan bahwa yang membedakan kesuksesan dari kegagalan
adalah bagaimana pimpinan mengatur dan mengelola tim itu sendiri, salah
satunya dengan mengakomodir kebutuhan tim dengan baik.
“Di sisi lain, pemimpin harus mampu mengarahkan para anggota tim
untuk bisa bekerjasama. Sebab, suatu tim kerja hanya akan berhasil
jikalau masing-masing personilnya saling terhubung dengan satu benang
merah, yakni tujuan yang sama” ujar Hackman.
Untuk menghindari perselisihan yang mengancam keutuhan tim, sebaiknya
kebutuhan masing-masing sumber daya diperhatikan, kemudian dipenuhi.
Lalu, pembagian tugas juga harus jelas, agar tidak terjadi role of ambiguity yang sering menimbulkan konflik.
Baru selanjutnya diperlukan seorang pimpinan yang layak dan memiliki
kemampuan mengkoordinasikan, juga memberikan motivasi kepada para
anggota. Karena, tanpa semangat dari setiap orang yang terlibat, maka
harapan untuk mencapai tujuan awal akan berakhir sia-sia.
No comments:
Post a Comment