Katakepo.blogspot.com - Washington, Microsoft mengeluarkan jurus agresif dalam memasarkan komputer tablet
terbaru buatan mereka, Surface. Pabrikan komputer dan software terbesar
di dunia ini menggelar kampanye tukar tambah bagi pemilik iPad yang
berminat membeli Surface.
Kantor berita BBC mengabarkan, Microsoft menawarkan voucher senilai
US$ 200 atau sekitar Rp 2,2 juta bagi setiap orang yang mau menukar iPad
dengan Surface RT dan Surface Pro yang baru meluncur di pasaran.
Voucher tersebut bisa dibelanjakan di toko online Microsoft dan bisa
dipakai membeli Surface RT seharga US$ 349 dan Surface Pro seharga US$
799.
Kampanye tukar tambah menjadi cara Microsoft untuk menggoda pengguna
iPad agar beralih ke tablet Surface yang berbasis Windows. Sebelumnya,
pada Mei 2013, Microsoft juga meluncurkan situs iPad vs Windows yang
membandingkan secara head to head dua tablet itu.
Strategi semacam ini menjadi cara Microsoft untuk menebus kegagalan
dalam memasarkan tablet Surface sepanjang tahun ini. Pada kuartal
pertama 2013, penjualan tablet Surface hanya mencapai 900 ribu unit.
Jauh di bawah iPad yang bisa laku hingga 19,5 juta unit. Akhirnya, pada
kuartal kedua 2013, Microsoft terpaksa menurunkan produksi Surface
menjadi 300 ribu unit.
Meski jorjoran, para analis menilai strategi pemasaran Microsoft
tersebut tidak berguna. Analis lembaga riset Gartner, Van Baker, ragu
apakah pengguna iPad mau mengganti gadget-nya dengan Microsoft Surface.
Alasannya, ekosistem aplikasi Microsoft masih bermasalah dan jumlah
aplikasi iPad jauh lebih banyak dibanding pada Surface. "Apakah akan ada
banyak orang yang tertarik dengan penawaran ini? Jawabannya hanya satu
kata, tidak," kata dia.
No comments:
Post a Comment