Tuesday, October 29, 2013

Duduk berjam-jam tingkatkan risiko kanker usus besar pada pria

Katakepo.blogspot.com - Pria yang duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko munculnya polip di bagian usus besar, demikian menurut penelitian terbaru.
Polip tersebut pun bisa bersifat jinak atau ganas yang akhirnya memicu kanker usus besar. Meskipun bisa dihilangkan secara medis, tetap saja keberadaan polip tersebut dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan.
Sebagaimana dilansir dari Health, risiko serupa tampaknya tidak ditemukan pada wanita yang juga cenderung duduk berjam-jam.
"Pria yang duduk 11 jam atau lebih dalam sehari punya risiko 45 persen lebih besar menderita polip," papar peneliti Christine Sardo Molmenti dari Columbia University Mailman School of Public Health.
Meskipun aktif berolahraga, peneliti menambahkan kalau kebiasaan duduk berjam-jam tetap memiliki efek buruk bagi kesehatan.
Peneliti pun menyarankan agar setiap orang aktivitasnya duduk berjam-jam sebaiknya berdiri dan meregangkan tubuh setiap setengah jam sekali. Hal ini dilakukan demi melancarkan peredaran darah dan mencegah berbagai gangguan kesehatan lainnya.
Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam pertemuan American Association for Cancer Research di Oxon Hill, Maryland.

0 comments:

Post a Comment