Tuesday, December 10, 2013

Terlalu sering pakai komputer sebabkan gangguan pernapasan?

Katakepo.blogspot.com - Para ahli memberikan peringatan terhadap semua orang yang terlalu sering menggunakan komputer. Penelitian mengungkap adanya sebuah kelainan yang disebut 'screen apnea'. Jika apnea tidur adalah gangguan pernapasan ketika seseorang tidur, maka screen apnea adalah gangguan pernapasan ketika seseorang menggunakan komputer.

Peneliti menemukan bahwa 80 persen orang yang mengetik di komputer tidak bernapas dengan benar. Hal ini bisa berbahaya untuk kesehatan mereka. Adam Clark Estes, seorang blogger dari Gizmodo bahkan mengakui hal ini, mengacu pada pengalaman yang dialaminya.

Estes mengaku bahwa dia mudah merasa pusing jika terlalu fokus dan berkonsentrasi pada teks atau tulisan yang penting di komputernya. Mengambil napas dalam bisa membantu meredakannya, namun rasa pusing itu kembali lagi ketika dia mulai fokus pada tulisan di layar.

Sebutan screen apnea sendiri digunakan pertama kali oleh pimpinan Apple, Linda Stone. Linda menjelaskan bahwa ketika mengetik atau membaca tulisan di layar komputer, banyak orang yang tak bernapas dengan benar. Mereka cenderung menahan napas, mengurangi aliran oksigen ke otak, dan mempengaruhi sistem saraf simpatik.

Karena hal ini, pupil seseorang akan membesar, detak jantung akan semakin cepat, dan membesarkan volume pembuluh darah pada wajah. Ada juga yang mengalami rasa kram pada kaki atau berkeringat secara berlebihan, seperti dilansir oleh Genius Beauty (03/12).

Karena itu Stone menyarankan bagi setiap pengguna komputer aktif untuk selalu mengontrol napas mereka ketika bekerja. Jika perlu, mereka secara teratur memeriksa detak jantung mereka agar terhindar dari screen apnea.

0 comments:

Post a Comment