Sunday, March 9, 2014

Pengembangan terminal III Bandara Soekarno Hatta tuntas 2015

Katakepo.blogspot.com - Proyek pengembangan terminal III Bandara Soekarno-Hatta masih berjalan hingga saat ini. Proyek yang menghabiskan investasi sekitar Rp 4,7 triliun ini ditarget rampung September 2015.

Namun, Angkasa Pura II tidak menunggu penyelesaian hingga 100 persen untuk bisa mengoperasikan terminal III. "Sekarang sudah selesai 17 persen. Dari rencana selesai pengembangan keseluruhan pada akhir 2015. Seiring pembangunan, kita juga mengoperasikan secara parsial, jadi tidak harus selesai semuanya," ujar Dirut PT. Angkasa Pura II, Tri Sunoko di kantornya, Cengkareng, Banten, Kamis (6/3).
Tri menuturkan, pihaknya memastikan pengerjaan pengembangan terminal dengan 24 gate ini tuntas akhir 2015. Dari 24 gate tersebut akan ada tiga yang dikhususkan sebagai landasan maskapai asing jenis A380.
"Ya masih on schedule. Kan masih ada 1 tahun 4 bulan lagi waktu pengerjaan," tegasnya.
Di terminal seluas 30 hektar ini juga disediakan kawasan komersil, dua gedung parkir dan jalan flyover yang digunakan sebagai akses menuju terminal keberangkatan. Terminal III juga akan terkoneksi dengan monorail yang menghubungkan antara terminal I dan II.
Proyek pengembangan terminal III dikerjakan oleh 5 kontraktor yakni, PT. Wijaya Karya, PT. Waskita, PT. PP, PT. Jaya Kontruksi dan Hyundai.
Manager komersial proyek, Tumbur mengatakan, saat ini proses pembangunan sudah mencapai 16,5 persen untuk zona II. Setelah dikembangkan, terminal III diyakini dapat menampung 25 juta penumpang.
"Kalau September dioperasikan itu untuk 4 gate dan parkir gedung yang secara keseluruhan mencapai 60-70 persen," ucap Tumbur.

0 comments:

Post a Comment