Wednesday, May 6, 2015

Bekasi ngotot ingin APTB tetap masuk ke jalur TransJakarta

Katakepo.blogspot.com - Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat berharap APTB masih bisa beroperasi hingga ke Jakarta melalui jalur TransJakarta. Hal ini menyusul kebijakan DKI Jakarta yang memutuskan APTB beroperasi sampai ke perbatasan.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Supandi Budiman mengatakan, sejauh ini keberadaan APTB dianggap membantu beban kepadatan lalu lintas di jalan raya. Setiap hari penumpang APTB dari Bekasi mencapai 4.000 orang.
"Kami ingin mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum," katanya di Bekasi, Rabu (6/5).
Dia menjelaskan, jumlah perjalanan dari Bekasi ke Jakarta yang menggunakan kendaraan pribadi mencapai 430 ribu, 53 persennya didominasi kendaraan sepeda motor.
"Kalau ini berkurang, yang diuntungkan bukan hanya Bekasi, tapi kepadatan di Jakarta juga berkurang," kata Supandi.
Karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dishub DKI Jakarta setelah ada kebijakan baru yang melarang APTB masuk jalur busway.
"Kami inginnya ada kekhususan buat APTB ini," katanya.
Sementara itu, sejumlah sopir APTB mengaku keberatan dengan kebijakan DKI Jakarta. Sebab, kebijakan itu diyakini mempengaruhi jumlah penumpang, imbasnya ke penghasilan.
"Sudah masuk Busway saja pas-pasan, apalagi hanya sampai perbatasan. Kemarin saya berangkat jam 3 pagi pulang jam 11 malam, hanya mengantongi Rp 10 ribu," katanya.
Sebab, target dari lima rit, ia hanya mampu mengejar tiga rit dengan tujuan Bekasi-Bundaran HI. "Karena banyak proyek jalan, jadi terlambat," katanya.

0 comments:

Post a Comment