Wednesday, May 6, 2015

Tips investasi cermat bagi pasangan muda

Katakepo.blogspot.com - Sebagai pasangan muda, pernikahan merupakan pintu utama untuk menemukan kebahagiaan hidup. Setelah kalian resmi menikah, dan pesta pernikahan usai dilaksanakan, kini saatnya untuk mulai menata kehidupan bersama. Salah satu aspek yang harus kalian diskusikan segera adalah mengenai investasi keuangan. Sebagai pasangan suami istri, diskusikan hal ini secara terbuka.
Berinvestasi tidak hanya sekadar menabung. Apalagi untuk urusan investasi, apa yang Anda pahami tentang menabung bukan berarti menyisihkan semua penghasilan Anda. Hal penting yang harus diketahui adalah bagaimana menyisihkan sebagian penghasilan tetap Anda, agar bisa digunakan untuk kebutuhan yang akan datang.

Biasanya Anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan Anda secara langsung, atau memercayakannya kepada bank sebagai penyimpan. Baik menyimpan uang tunai atau ditabung ke bank, secara tak langsung Anda tidak mendapatkan apa-apa. Nilai uang akan tetap sama, dan seakan tidak ada artinya untuk sekadar disimpan.

Untuk itu, investasi sangatlah penting untuk dilakukan. Bahkan, keuntungan yang dapat diraih pun bisa meningkat, seiring waktu. Tentunya, investasi dalam hal ini bisa berupa sesuatu yang nilainya terus bergerak naik. Dengan begitu, tujuan hidup Anda dapat segera tercapai.

Biarkan uang bekerja untuk Anda dan memberikan pemasukan serta keuntungan yang berarti. Namun, setiap investasi pasti memiliki resiko. Probabilitas antara keuntungan dan kehilangan bisa kapan saja terjadi. Agar terhindar dari kehilangan tersebut, Anda bisa mencoba dengan beberapa saran berikut ini:

1. Investasi sejak dini

Semakin cepat Anda memutuskan untuk berinvestasi, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk menambah aset-aset bernilai tinggi. Tentunya, Anda harus berinvestasi dengan nilai keuntungan yang berarti.

2. Investasi di berbagai jenis

Cobalah bermain investasi di berbagai jenis aset. Dengan begitu, jika satu aset mengalami kemerosotan, maka aset lainnya masih bisa dijadikan back up.
3. Memahami resiko investasi Anda
Pilihlah investasi yang sudah Anda pahami betul apa untung ruginya. Nilai resiko patut untuk diketahui demi mengamankan aset Anda kelak.

4. Evaluasi setiap resiko yang pernah dialami

Pengalaman Anda dalam berinvestasi akan menambah pemahaman Anda akan resiko. Evaluasi akan berguna untuk merekap apa yang sudah Anda capai, serta bagaimana menangani resiko yang Anda temui. Jangan segan-segan untuk berbagi saran dengan pasangan Anda, sehingga setiap langkah keberhasilan bisa dirasakan bersama.

0 comments:

Post a Comment