Wednesday, July 31, 2013

Belanja Pintar Saat Diskon Akhir Tahun



Memasuki bulan akhir tahun, godaan belanja seperti tak tertahankan. Semua toko, butik, dan mal memasang label besar "Sale, diskon akhir tahun, further reduction," atau "cuci gudang." Menggoda iman semua orang untuk menghampiri toko.

Namun, sebelum tergoda untuk membeli semua barang yang didiskon 70%, saya belajar untuk menahan diri agar tidak kalap belanja.

Ada aturan main belanja saat diskon akhir tahun yang saya pelajari dari para teman shopaholic yang kini mengaku sudah insaf dan menjadi smart shopper. Saran mereka, tak perlu menghindari masuk mal, sebab kadang berburu benda yang diimpikan di saat diskon akhir tahun itu memang menguntungkan. Berikut beberapa ilmu yang saya serap dari mereka:

Jangan sepelekan brosur Manfaatkan brosur yang diedarkan, sebab siapa tahu barang yang Anda incar ada di brosur. Harga yang tertulis di sana bisa dijadikan panduan saat membandingkannya dengan toko lain.

Banyak toko, butik atau merek tertentu yang bekerjasama dengan kartu kredit dalam bentuk promo. Biasanya ini tercantum di brosur. Manfaatkan ini juga. Tak ada yang menolak tambahan diskon sekian rupiah, atau bisa mencicil dengan nol persen selama sekian bulan, atau menggunakan poin kartu kredit demi harga lebih murah.

Saatnya belanja koperMengapa koper? Buat Anda yang sering traveling benda ini sudah pasti diperlukan. Belajar dari pengalaman, tak semua bandara memperlakukan bagasi kita dengan penuh perhatian.

Pengalaman saya yang habis membeli koper baru dari hasil tabungan beberapa bulan, langsung sedih mendapati koper baru keluar dari conveyor belt sudah bernoda hitam dan tergores di sana sini karena dibanting. Mau marah, sepertinya takkan bisa mengembalikannya menjadi mulus. Akhirnya saya mengambil saran teman smart shopper yakni sebaiknya koper bagasi dibeli saat diskon.

Belilah koper ketika harganya sudah didiskon 70 persen, begitu saran mereka. Buat saya yang melakukan traveling 8-10 kali dalam setahun, karena harga kopernya murah, saya tak perlu sakit hati ketika harus mengganti yang baru 2 tahun lagi. Khusus untuk koper di kabin, silakan memilih merk favorit yang menjadi andalan.

Belanja make up yang akan kadaluarsa sajaAkhir tahun biasanya gerai kosmetik ramai sekali. Semua wanita berkumpul untuk memborong serangkaian produk karena biasanya disertai diskon besar, bonus produk tambahan, atau tertarik oleh hadiah khususnya.

Triknya adalah, hindari dulu tergiur oleh penawaran produk yang dibeli dalam satu set. Pengalaman saya membuktikan, dari 5 hingga 10 produk dalam satu make up set atau produk perawatan kulit, kemungkinan besar hanya separuhnya saja yang akan dipakai hingga habis. Sisanya hanya menjadi hiasan di meja rias.

Sebelum berangkat ke mal, cek dulu tas make up Anda. Benda mana yang akan kedaluarsa dalam 2 bulan ke depan. Jangan sayang dengan lipstik yang warnanya bagus di bibir Anda, tapi sayangi kulit bibir Anda.

Bila sudah lewat tanggal kedaluarsa, kulit bibir tak terjamin kesehatannya. Saat berada di gerai kosmetik beli produk sesuai dengan daftar yang telah Anda buat. Tapi bukan berarti Anda tak perlu melihat produk yang dijual dalam satu set, siapa tahu semua isinya ada dalam daftar yang Anda buat. Sebab saya pernah membeli satu gift set yang terdiri dari semua make up yang saya pakai. Dan saya menghemat hingga 80 persen!

Berburu gadget, inilah momennya!
Saya memang orang yang selalu update soal gadget. Tetapi saya bukan orang yang mengutamakan gengsi agar bisa selalu menjadi pemakai pertama gadget paling terbaru. Biasanya saya akan menunggu akhir tahun, karena banyak dealer dan reseller memberi penawaran diskon atau bonus menarik. Selain itu, biasanya gadget seri terbaru akan muncul di tahun berikutnya, sehingga seri sebelumnya turun harga.


Baju baru dibeli usai hari NatalMenyambut hari Natal, biasanya diskon toko baju bertebaran. Tapi bila Anda cukup jeli, sesudah hari Natal diskon berlanjut dan harganya juga diturunkan. Hal yang sama juga berlaku saat Lebaran. Bedanya bila belanja di bulan Desember, para penjual juga menggunakan momen akhir tahun untuk membereskan gudang mereka, karena baju koleksi musim berikutnya yakni Spring/Summer di tahun depan sudah datang dan butuh tempat untuk disimpan.

Jangan lupa mengunjungi toko buku Memang tidak pernah ada waktu yang tepat untuk membeli buku, apalagi bila Anda seperti saya, yang langsung membeli buku begitu tahu buku tersebut sudah ada di toko favorit.

Tapi diskon akhir tahun di toko buku tak boleh dilewatkan. Inilah saatnya membeli buku yang mahal dan sudah Anda incar, sebab di saat inilah diskon terbesar dikeluarkan. Ini juga saat tepat untuk melengkapi koleksi trilogi atau saga yang belum sempat dibeli, atau membeli lagi buku kesayangan yang hilang atau dipinjam tapi tak kembali. Biasanya toko buku memberi ekstra diskon bagi member pelanggan setianya. Manfaatkan hal ini.

Tahun baru butuh parfum baruMenurut saya, penampilan baru di Tahun Baru itu penting. Berhubung saya bukan tipe wanita yang suka memotong rambut dengan gaya yang esktrem atau mengubah gaya dandanan, saya lebih memilih aroma parfum baru untuk memulai bulan Januari.

Selain menjadi penyemangat, harganya di akhir tahun lebih hemat. Belilah dalam bentuk paket. Selain harganya lebih murah, biasanya disertai hadiah miniatur parfum yang muat di tas kosmetik agar mudah dibawa.

Di dalam paket parfum tersebut biasanya berisi shower gel, lotion, atau lainnya yang beraroma sama. Paket ini sering saya gunakan sebagai kado untuk teman. Selain itu, kadang ada juga promo beli 1 gratis 1 parfum yang sama versi prianya. Kini Anda tak perlu bingung mencari kado untuk ayah, sahabat atau pasangan.

Berburu barang bermerek dengan bijakBuat saya, membeli barang bermerek butuh pemikiran yang lama dan tentu saja waktu untuk menabung. Nah, di akhir tahun biasanya lagi-lagi konsumen seperti kita dimanjakan dengan penawaran diskon. Barang yang kita incar bisa kita dapatkan dengan harga lebih murah, dan kadang ada promo menarik kartu kreditnya.

Triknya adalah, datanglah di hari pertama diskon dimulai. Biasanya, diskon tersebut beragam. Mulailah dengan melihat diskon yang terbesar. Berbeda dengan department store, toko barang branded tidak menulis harganya besar-besar begitu pula diskonnya. Anda perlu menanyakannya kepada pramuniaga.

Buat saya, membeli tas atau dompet, sebaiknya hindari model yang terlalu trendi. Saya cenderung memilih model yang tetap bisa dipakai 10 tahun lagi.

Membeli elektronik juga harus terencanaPenawaran diskon untuk alat elektronik misalnya kamera, televisi, DVD player, atau laptop juga menggiurkan di akhir tahun. Lagi-lagi kebutuhan barang ini mungkin bisa terpenuhi dengan harga yang sedikit miring, dan bisa jadi ditambah bonus-bonus menarik.

Sebelum membeli yang baru, pikirkan dahulu hendak diapakan benda eletronik yang lama. Kadang ada juga promo diskon tukar baru, yakni menyerahkan barang lama misalnya dvd player bekas, lalu menambah sedikit uang untuk mendapat yang baru. Promo seperti ini bisa dimanfaatkan.

Saatnya mengintip dealer kendaraan Nah, akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi dealer kendaraan. Buat saya yang kurang telaten merawat kendaraan, 5 tahun adalah waktu yang cukup untuk mulai berpikir mengganti dengan yang baru, sebab masa garansi sudah berakhir dan bila ada kerusakan lagi saya rasa uang yang akan dikeluarkan kelak lebih baik menjadi uang muka mobil baru yang bergaransi. Tapi itu prinsip pribadi saya yang lebih memikirkan fungsi kendaraan.

Di sisi lain, tak ada salahnya mencari tahu diskon akhir tahun dealer kendaraan yang kadang sangat besar, sebab mereka perlu menghabiskan stok tahun ini, karena ada tipe baru yang akan dijual di tahun depan. Jadi, jangan lupa untuk mengecek kilometer kendaraan Anda setiap akhir tahun tiba. (foto : Thinkstock)

0 comments:

Post a Comment