Saturday, March 28, 2015

"Ahok adalah Pemimpin yang Anti Dikritik"

Katakepo.blogspot.com - Jakarta, Pakar komunikasi politik Tjipta Lesmana menilai Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama merupakan tipe pemimpin yang antikritik. Menurut Tjipta, Ahok (sapaan Basuki) merupakan orang yang tidak bisa menerima kritikan.

Saat memberi keterangan dalam rapat angket untuk menyelidiki Ahok di DPRD DKI Jakarta, Jumat (27/3/2015), Tjipta menceritakan pengalamannya diserang balik Ahok setelah ia mengkritik kebijakan Ahok menghentikan pembangunan monorel.

"Saya kritik, dia malah sewot. 'Apa urusannya Tjipta Lesmana komentar soal monorel'. Itu menandakan Ahok adalah pemimpin yang anti dikritik," ujar Tjipta.

Ketika itu, Tjipta menganggap mandeknya pembangunan monorel karena tak adanya komunikasi yang baik antara Ahok dan PT Jakarta Monorail.

Menurut Tjipta, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau menerima kritikan. Sebab, kata dia, kritik merupakan salah satu masukan agar pemimpin yang dikritik bisa berubah ke arah yang lebih baik.

Tjipta kemudian menceritakan tentang pengalamannya yang pernah ditelepon oleh Susilo Bambang Yuhoyono, saat ia gemar mengkritik keras presiden keenam RI itu. Saat itu, kata Tjipta, SBY tidak sama sekali menghardik dan memarahinya, tetapi justru mengucapkan terima kasih.

"Dulu saya kerap menyampaikan kritik keras ke SBY. Sampai akhirnya beliau menelepon saya. Beliau bilang, 'Saya tahu motif Anda baik, kritik Anda baik. Saya tahu Anda jujur. Saya mengucapkan terima kasih'," tutur Tjipta.

0 comments:

Post a Comment