Tuesday, August 20, 2013

20 Cara dapatkan tidur pulas dan berkualitas

Katakepo.blogspot.com - Tidur adalah aktivitas wajib bagi manusia, sebab ketika tidur tubuh akan beristirahat dan sel-sel yang rusak akan diganti dengan yang baru. Tapi tidak semua orang bisa mendapatkan tidur nyenyak. Ada berbagai alasan yang membuat seseorang kesulitan tidur Berikut tips yang membuat tidur malam Anda jadi lebih nyenyak seperti yang dilansir FoxNews (16/8).

1. Atur jadwal tidur
Ingin tidur lebih pulas? Cobalah untuk tidur dalam waktu yang sama tiap malam dan bangun pada waktu yang sama saat pagi. Rutinitas tidur teratur membuat jam biologis Anda sehingga Anda beristirahat stabil baik.

2. Buat catatan tidur
Untuk membantu memahami bagaimana kebiasaan Anda mempengaruhi istirahat Anda, tuliskan apa yang Anda lakukan sebelum tidur, jam berapa Anda tidur dan bangun. Dengan demikian Anda bisa melacak apa yang membuat tidur Anda tidak nyenyak.

3. Berhenti merokok
NIkotin membuat Anda kesulitan tidur. Merokok juga memperburuk apnea tidur dan gangguan pernapasan sehingga tidak bisa mendapat istirahat malam yang baik.

4. Obat-obat Anda
Beberapa obat justru menyebabkan Anda insomnia. Untuk itu konsultasikan pada dokter untuk bisa memilih obat yang tidak memberi pengaruh tidur.

5. Olahraga
Olahraga secara rutin dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Tapi jangan pernah berolahraga sebelum tidur, karena hal itu justru merusak tidur Anda.

6. Tidak minum kopi di atas jam 2 siang
Kopi, teh dan soda mengandung kafein dan merangsang otak sehingga Anda tidak bisa tidur.

7. Menulis diary
Terkadang beban pikiran atau masalah yang Anda hadapi membuat Anda kesulitan tidur. Cobalah untuk menuliskan segala kekesalan Anda pada buku harian. Dengan cara itu Anda akan lebih rileks dan lebih mudah untuk terlelap.

8. Luangkan waktu untuk santai
Setelah bekerja seharian terkadang Anda tidak bisa langsung tidur saat di atas kasur. Berikan tubuh Anda waktu untuk transisi setelah melakukan serangkaian aktivitas selama satu jam sebelum tidur. Misalnya dengan membersihkan wajah, menyiapkan pekerjaan esok hari dan sebagainya.

9. Minum susu
Segelas susu panas akan menghangatkan tubuh serta membuatnya lebih kenyang sehingga Anda akan mudah mengantuk.

10. Ngemil keju dan krupuk
Menggabungkan karbohidrat dan kalsium dapat meningkatkan serotonin, zat kimia dalam otak yang membuat Anda merasa tenang. Nikmati camilan tersebut satu jam sebelum tidur.
Itu tadi sepuluh hal yang membuat tidur Anda nyaman. Tunggu sepuluh hal lainnya ya!

0 comments:

Post a Comment