Tuesday, August 20, 2013

Segarnya Es Lilin Aneka Rasa

Katakepo.blogspot.com -  Jika dulu sekali es lilin hanya memiliki rasa kelapa muda dengan santan sebagai bahan utamanya, sekarang ini es lilin sudah punya banyak varian rasa.
"Sekarang ini kan kuliner tradisional sepertinya kurang dikembangkan. Sayang sekali kalau tidak dikembangkan. Tentu saja pengembangan butuh usaha. Salah satunya dengan berinovasi pada varian rasa," kata A Setia Permana (66), pemilik Es Lilin Bandung Aneka Rasa.
Dengan bahan utama yang sama dengan yang digunakan untuk membuat es lilin tradisional, Setia lalu menambahkan aneka sari buah alami pada adonan tradisional itu. Ia mengaku sudah punya lebih dari 20 varian rasa.
"Ada jeruk, jagung, cokelat, leci, anggur, mangga, nangka, strobei, jambu, vanila, alpukat, kelapa muda, ketan hitam, kacang merah, durian, sirsak, cappucino, kacang hijau, dan masih banyak varian rasa lainnya," tuturnya.
Meski dibuat dengan cara yang sudah cukup modern, bahan bakunya tetap tradisional dan alami agar menghasilkan es lilin dengan kualitas yang baik. "Adonan es lilin terbuat dari campuran santan murni yang dimasak bersama tepung es, gula, dan buah-buahan," ujarnya.
Setelah matang dan bercampur sempurna, kata Setia, adonan didinginkan sebentar kemudian dicetak dan didinginkan selama 15 menit di dalam mesin khusus. Rasa es krim tradisional ini ternyata tidak kalah dari es krim modern.
Sebuah es lilin, ditawarkan Rp 4.000. Tidak hanya bisa dibeli di tempat ini, es lilin milik Setia ini juga sudah menyebar di beberapa factory outlet di Bandung, belum lagi penjual eceran lainnya. Tidak hanya itu, ia juga sudah menyebarkan es lilin hingga ke Jakarta, Surabaya, bahkan Bali.
Selain Es Lilin Bandung Aneka Rasa, ada juga Es Lilin Njonja Besar. Jika Es Lilin Aneka Rasa lebih fokus pada varian rasa, Es Lilin Njonja Besar terlihat lebih mengutamakan keunikan penampilan. Dan karenanya, varian rasa es lilin ini tidak terlalu banyak.
Hanya saja, selain punya es lilin polos, es lilin produksi Tangerang ini juga punya es lilin dua rasa dan juga es lilin lapis cokelat yang menggoda untuk dicicipi. Ada rasa stroberi, durian, cokelat, ketan hitam, cappucino, kacang merah, kacang hijau, dan alpukat. Semua varian rasa itu juga punya versi lapis coklatnya.
Untuk variasi es lilin dua rasa, ada coklat dan stroberi, cokelat dan vanila, serta cokelat dan alpukat. Sepotong es lilin ini dibanderol dengan harga Rp  4.500 hingga Rp 5.000. Salah satu tempat penjualan Es Lilin Njonja Besar adalah Warung Nasi Ampera di Jalan Citarum.
Mirip dengan Es Lilin Bandung Aneka Rasa, Es Lilin Bandung juga punya varian rasa yang cukup banyak. Aneka buah-buahan dan juga varian lainnya seperti kacang hijau, kacang merah, ketan hitam, dan cappucino.
Tidak hanya itu, ada juga Es Lilin Bandung. Es lilin yang dijual di Jalan Cilamaya No 32B itu  juga punya varian rasa yang cukup banyak, ada kacang merah, cappucino, alpukat, sirsak, stroberi, jagung, vanilla, cokelat, leci, kacang hijau, ketan hitam, kelapa muda, nangka, mangga, jambu, anggur, dan jeruk yang bisa Anda pilih.

0 comments:

Post a Comment