Friday, September 27, 2013

10 Cara aneh untuk memperpanjang usia

Katakepo.blogspot.com - Meski usia berada di tangan Tuhan, tetapi alangkah baiknya jika kita berusaha menjaga kesehatan tubuh sebaik mungkin dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur.
Namun selain itu, ternyata ada pula cara aneh untuk memperpanjang usia. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari List Verse berikut ini.

1. Kelaparan

Makanan adalah sumber energi manusia. Jika tidak makan, bukankah manusia bisa cepat mati?
Ternyata teori kelaparan ini sudah diteliti sejak tahun 1934 silam. Menurut peneliti saat itu, melakukan diet dengan metode menahan lapar atau puasa bisa memperpanjang usia asalkan nutrisi yang dikonsumsi tetap memenuhi kebutuhan tubuh.

2. Belajar bahasa

Otak yang berfungsi dengan baik adalah kunci hidup bahagia dan awet muda. Jadi tidak salah jika belajar bahasa baru bisa membuat tubuh lebih sehat dan memperpanjang usia.
Beberapa penelitian juga sudah membuktikan kalau mempelajari hal-hal baru mampu menurunkan risiko penyakit pada otak. Hal ini dikarenakan mempelajari dua bahasa asing membuat otak terus bekerja dan belajar.

3. Tinggal di gunung

Cara aneh berikutnya yang dipercaya bisa memperpanjang usia adalah dengan hidup di daerah pegunungan, teori yang sangat mudah dan sederhana.
Alasannya? Menurut para ahli, tinggal di pegunungan mendorong seseorang untuk lebih aktif bergerak naik ke dataran yang lebih tinggi. Olahraga alami itulah yang menjadi faktor utama kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Memeluk agama

Entah agama apapun yang dipilih, ternyata percaya terhadap adanya Tuhan juga bisa memperpanjang usia.
Sebagai buktinya, berbagai penelitian menyebutkan kalau kepercayaan dalam hal-hal spiritual dikaitkan dengan angka kematian dini yang rendah. Sementara mereka yang tidak memeluk agama rentan mengalami goyangan ketika menghadapi cobaan dan berisiko untuk bunuh diri.

5. Terapi gen

Cara aneh ini sebenarnya belum benar-benar ada, tetapi penelitian terbaru menyebutkan kalau terapi gen bisa membantu manusia memperpanjang usianya.
Dengan memanipulasi dan melakukan modifikasi pada gen, manusia bisa mengatur sendiri berapa usia yang bisa dinikmatinya. Sayangnya metode ini tentu akan menuai banyak protes karena dianggap menentang takdir.

6. Kaya raya

Kaya raya memang tidak bisa membeli kebahagiaan, tetapi menjadi miliuner ternyata bisa memperpanjang usia. Bagaimana bisa?
Menurut sebuah survei, kehidupan yang makmur identik dengan masyarakat yang sehat. Sementara negara dengan penduduk miskin justru kesulitan mendapatkan perawatan kesehatan. Sehingga ketika terkena penyakit, mereka berisiko meninggal lebih cepat.

7. Kerja keras dan stres

Tidak semua hal buruk memberi dampak negatif pada tubuh. Buktinya, kerja keras dan stres bisa memperpanjang usia seseorang.
Berdasarkan penelitian yang melibatkan anak-anak selama delapan tahun, mereka yang kebanyakan bercanda, bebas, dan terlalu santai justru sulit fokus dengan pekerjaan tetap. Akibatnya mereka rentan meninggal di usia yang lebih muda.

8. Minum obat tertentu

Peneliti tengah mengembangkan sebuah obat 'awet muda' untuk manusia. Apakah obat tersebut benar-benar manjur?
Setelah dilakukan uji coba, ternyata konsumsi obat tersebut benar-benar bisa meningkatkan kesempatan hidup 14 persen lebih lama. Tentunya obat tersebut hanya boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang berisiko terkena penyakit kronis.

9. Menumbuhkan organ baru

Majunya teknologi memungkinkan manusia bisa melakukan apa saja, salah satunya menumbuhkan organ baru untuk memperpanjang usia.
Teknologi tersebut tepatnya bekerja dengan cara menyuntikkan jaringan agar bisa berkembang dalam sel tubuh manusia. Meskipun demikian, satu-satunya organ yang tidak bisa ditumbuhkan adalah otak. Karena di dalamnya berisi memori dan pengalaman yang tak tergantikan.

10. Berbuat baik

Mau usia lebih panjang? Sebaiknya biasakan untuk berbuat baik mulai sekarang.
Sebuah ulasan penelitian menemukan kalau berbuat baik dan menjadi sukarelawan bisa memperpanjang usia seseorang. Bukan cuma itu, menjadi sukarelawan juga bisa menyukseskan karir karena memperbanyak jaringan dengan orang-orang sekitar.

0 comments:

Post a Comment