Friday, September 27, 2013

Akankah smartphone lokal dapat jadi raja di negeri sendiri?

Katakepo.blogspot.com - Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan bahwa pemerintah siap memberikan dukungan bagi perusahaan yang ingin memproduksi smartphone lokal.

Di sela Forum Bisnis RI-Korsel di Seoul, Hidayat mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan dan dukungan terhadap vendor lokal agar dapat memproduksi ponsel atau smartphone sendiri.

Memang patut diacungi jempol akan upaya pemerintah dalam membangkitkan industri Indonesia khususnya di bidang TIK dan komunikasi ini. Namun pertanyaannya adalah apakah nantinya setelah ada produk dengan brand lokal, masyarakat Indonesia akan banyak menggunakannya?

Memang sedikit terdengar stereotype, namun pada kenyataannya tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang lebih mencintai produk luar daripada besutan anak negeri sendiri.

Sebelum ini, ada beberapa produk dalam negeri yang ternyata tidak begitu sukses di pasaran karena banyak orang yang memilih produk luar dengan brand terkenal dibandingkan apa yang telah diproduksi perusahaan negeri sendiri.

Contohnya saja, Nexian. Brand lokal pertama di Indonesia yang bergerak dalam produksi perangkat mobile ini masih belum mampu mengungguli produk dari vendor luar negeri di 'rumah sendiri.'

Selain Nexian, produk seperti mobil dan motor buatan anak negeri juga masih bersaing dengan produk dari luar.

Saat ini, ada satu operating system yang diciptakan oleh developer dari Indonesia sendiri. OS dengan nama BandrOS ini diharapkan mampu bersaing dengan OS lain seperti Android, iOS, Windows Phone dan lainnya untuk tingkat lokal, lebih-lebih internasional.

Apabila masyarakat Malaysia bangga akan Proton, Jepang bangga akan produk elektronik sampai dengan kendaraan, masyarakat Jerman bangga akan produk lokal mereka, pertanyaannya akan tetap sama seperti di atas.

Apakah setelah diciptakannya mulai dari OS sampai perangkat mobile hasil karya cipta anak negeri, masyarakat Indonesia akan bangga dan lebih menggunakan produk-produk lokal tersebut dibanding dengan merk luar?

0 comments:

Post a Comment