Sunday, September 29, 2013

Bekerja meningkatkan risiko penyakit jantung pada wanita?

Katakepo.blogspot.com - Di era modern seperti saat ini semakin banyak ditemui wanita yang menjadi pekerja aktif atau menghabiskan sebagian waktunya di luar rumah untuk berakitivitas. Seperti dilansir dari idiva.com, wanita semakin mendominasi dalam dunia kerja. Mereka berkonsentrasi pada kenaikan karirnya sehingga secara tidak langsung pada akhirnya mereka bersaing ketat dengan pria. Namun di sisi lain, selain menjadi pekerja aktif mereka juga tetaplah ibu rumah tangga biasa yang mengurus keluarga dan rumah tangganya.

Berdasarkan fakta di atas wanita pekerja yang berusaha dengan keras menyeimbangkan antara keluarga dan tanggung jawab pekerjaan maka akan rentan terkena penyakit jantung dibandingkan wanita yang tidak bekerja. Stres, pola hidup yang tidak sehat, dan kurangnya akitivitas fisik dapat meningkatkan hipertensi, kolesterol, diabetes,obesitas, dan segala macam jenis penyakit kardiovaskuler. Hal ini semakin diperparah apabila mereka juga merupakan seorang perokok aktif. Untungnya, ada beberapa macam cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut seperti:
  • Menjaga berat badan dengan cara yang sehat
  • Berolahraga secara teratur
  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan rokok
  • Beristirahat yang cukup untuk menghindari stres dan depresi
  • Pergi memeriksakan kesehatan secara rutin
  • Mengidentifikasi gejala penyakit jantung sedini mungkin
Memang faktor-faktor penyebab sakit jantung seperti bertambahnya usia dan riwayat keluarga yang mempunyai penyakit jantung tidak dapat diubah namun Anda dapat meminimalisirnya dengan mulai menerapkan gaya hidup sehat dan mengelola stres dengan baik. Karena kesehatan Anda ada di tangan Anda.

0 comments:

Post a Comment