Sunday, September 29, 2013

Ditemukan batuan berbentuk piramida di Mars

Katakepo.blogspot.com - Sebuah penemuan mengejutkan telah ditemukan Curiosity dalam penjelajahannya di Mars.
Dilansir Softpedia (27/9), Batu yang diberi nama Jake_M juga ditemukan berbentuk seperti piramida mini dengan tinggi 50 cm atau 19,7 inci.
Dalam makalah yang diterbitkan di Jurnal Science, peneliti berpendapat temuan dari Curiosity berupa batu beberapa minggu setelah pendaratannya di Mars ternyata memiliki struktur kandungan yang mirip dengan bebatuan di Bumi.
Curiosity sendiri menemukan bebatuan ini saat menjelahi permukaan Mars dengan nama Kawah Gale. Pada awalnya, para ilmuwan berasumsi bahwa itu adalah batuan beku halus basaltik yang terbentuk ketika magma mencapai permukaan Planet Mars dan akhirnya mengkristal.
Namun, penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa, bukannya mirip dengan kebanyakan batuan Mars yang sejauh ini telah dianalisa oleh para ilmuwan, batu berbentuk piramida ini justru banyak mengandung natrium dan kalium.
Para peneliti menjelaskan jika kandungan dalam batu Jake_M ini sangat mirip dengan batuan beku ditemukan di Bumi baik di kepulauan ataupun di daerah celah kontinental.
"Kami segera menyadari bahwa meskipun hal seperti belum pernah ditemukan di Mars, tetapi Jake_M komposisinya sama dengan batuan vulkanik di Bumi," kata salah satu peneliti, Edward Stolper.
"Bahkan, jika batu ini ditemukan di Bumi, kami akan sulit mengatakan jika batu ini bukan dari Bumi," lanjut Edward Stolper.

0 comments:

Post a Comment