Thursday, September 26, 2013

10 Alasan Jangan Makan Mie Instant!

Katakepo.blogspot.com - Sekalinya "Si Menu Anak Kos" ini tersaji dalam mangkok, nggak mungkin ada yang kuat menahan keroncongan dalam perut karena harum baunya yang begitu menggoda selera. Dan yang menjadi pertanyaan, sudah berapa ratus kali sih kamu mendengar larangan makan mie instant, dan berapa ratus kali pula kamu membiarkannya masuk telinga kiri dan keluar telinga kanan?
Sekalipun di dalam iklan disebutkan mie instant memakai bahan alami atau menyebut diri sebagai mie kesehatan, tetap saja nggak dianjurkan mengonsumsi 'si menu anak kos' ini terlalu sering.
Mau tahu alasannya? Baca rangkuman berikut:
Menghambat Penyerapan NutrisiMie instant akan menghambat dan membatasi penyerapan nutrisi makanan. Terutama mereka yang usianya di bawah 5 tahun, disarankan sama sekali enggak diberi konsumsi mie. Bahaya mie ini bisa mencegah penyerapan nutrisi. Menjadikan anak bisa kurang gizi, kerdil dan bahkan perkembangannya lambat.
Menyebabkan KankerBeberapa mie instant dikemas dalam styrofoam, di mana styrofoam adalah agen penyebab kanker. Utamanya mie instant yang hanya disajikan dalam rendaman air panas, zat kimia dalam styrofoam akan ikut bereaksi. Bayangkan saja gimana kalau zat tersebut ikut larut dan masuk ke dalam tubuh?
Menyebabkan KeguguranBeberapa kasus keguguran mirisnya disebabkan karena mereka terlalu sering mengonsumsi mie instant. Ternyata mie instant memberikan pengaruh buruk pada janin, sehingga akhirnya keguguran pun terjadi.
Mengacaukan Metabolisme TubuhKetika dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang, mie instant dapat mengacaukan metabolisme tubuh. Akumulasi zat kimia berbahaya seperti pengawet dan pewarna akan menjadi racun di dalam tubuh.
Bahayanya Propylene GlycolMie instant mengandung propylene glycol, sejenis bahan anti beku yang akan mencegah mie menjadi kering. Dan kalau tubuh menyerap zat tersebut maka akan tertumpuk pada area hati, ginjal serta liver, sehingga bisa menyebabkan imun tubuh melemah.
Bahaya Buat PencernaanKalau dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari, maka mie instant berpotensi membahayakan pencernaan. Problem pertama yang muncul adalah rasa begah, susah buang air besar dan ketidaknyamanan.
KegemukanMengonsumsi mie instant secara rutin juga menyebabkan kegemukan. Jumlah lemak dan sodium yang tinggi di dalam mie instant tak mungkin dapat diserap tubuh dengan baik dan akan menumpuk menjadi lemak. Tak heran kalau hal ini bisa jadi penyebab berat badanmu bertambah dalam waktu singkat.
Kandungan MSGDan kamu perlu khawatir karena kandungan monosodium glutamate dalam mie instant ini cukup tinggi. Mereka yang nggak tahan dan alergi MSG biasanya akan merasa selalu haus, dada terbakar, sakit kepala, wajah memerah dan nafas sesak.
Kandungan SodiumMie instant juga kaya akan kandungan sodium yang dapat menyebabkan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan pada ginjal. Terutama kalau sering dikonsumsi, potensi terserang penyakit tersebut sangat tinggi.
Mie Instant Juga Junk FoodMie instant termasuk junk food yang mengandung karbohidrat sangat tinggi dan tanpa tambahan vitamin, mineral atau serat. Kandungan lemak jenuhnya juga tinggi sehingga kalori di dalamnya memberikan pengaruh buruk buat kesehatan.
Alangkah baiknya kalau kamu menggantikan mie instant dengan makanan lain yang lebih sehat dan bergizi. Demi si buah hati, keluarga dan diri sendiri lho, yuk kita hidup lebih sehat!

0 comments:

Post a Comment