Saturday, September 14, 2013

Pacha, hidangan kepala kambing rebus ala Timur Tengah

Katakepo.blogspot.com - Pacha adalah masakan tradisional di wilayah Timur Tengah termasuk negara-negara Arab seperti Irak, Iran, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, dan lainnya. Biasanya masakan ala Timur Tengah selalu menggoda selera dengan rempah dan bumbu yang berbeda serta daging panggang lezat.
Namun pacha bisa jadi membuat orang-orang di luar Timur Tengah terkaget-kaget. Pasalnya, pacha dibuat menggunakan kepala kambing utuh yang direbus. Jika biasanya kalian lebih suka menikmati daging kambing bagian paha, perut, dan lainnya, pacha menyajikan bagian tubuh kambing yang berbeda.
Uniknya lagi, kepala kambing yang direbus ini juga disajikan dengan perut kambing yang sudah diisi nasi dan berbagai makanan lain, kemudian disiram dengan kaldu. Tentunya tak semua orang akan menyukainya.
Untuk membuat pacha, yang dibutuhkan adalah kepala kambing, bagian perut yang sudah dibersihkan, daging domba, nasi, bawang merah, tomat, air, dan roti. Sebelumnya, kepala kambing direbus terlebih dahulu dalam air untuk melunakkan daging dan membuat kaldu.
Setelah itu, perut kambing dibersihkan dan mulai diisi dengan nasi, daging kambing, serta bumbu-bumbu lain. Setelah selesai, perut kambing ditutup dan dijahit kembali untuk disajikan bersama kepala kambing rebus yang utuh dan kaldu.
Hmmm... jika kalian tak masalah dengan kepala kambing utuh yang tersedia di meja makan, pacha tentu bisa jadi pilihan santapan ala Timur Tengah yang lezat.

0 comments:

Post a Comment