Tuesday, November 19, 2013

Athena bangun masjid pertama

Katakepo.blogspot.com - Pemerintah Yunani dua hari lalu akhirnya mengumumkan akan membangun masjid pertama di Ibu Kota Athena setelah tertunda selama 13 tahun.

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Sabtu (16/11), menteri infrastruktur menyatakan sebuah konsorsium untuk pembangunan masjid itu sudah dipilih setelah mengalami kegagalan lima kali.

Athena selama ini menjadi salah satu ibu kota negara di Eropa yang tak memiliki masjid.

Masjid yang akan dibangun seluas 600 meter persegi itu akan menelan biaya Rp 15,1 miliar. Untuk lahan bangunan masjid itu menggunakan bekas barak kompleks militer. Masjid ini nantinya akan berdiri tanpa memiliki menara dan terletak di sebelah timur laut Thrace, tempat kelompok minoritas warga Turki bermukim.

Masjid ini rencananya akan dibangun dalam waktu enam bulan sesuai penandatanganan kontrak.

Pengumuman pembangunan masjid ini awalnya bergaung sejak tahun 2000 sebelum Olimpiade Athena 2004. Namun rencana itu selalu ditolak oleh kelompok Gereja Kristen Ortodox yang memiliki pengaruh kuat di Negeri Para Dewa itu. Sebanyak 90 persen warga Yunani beragama Kristen.

Meski masjid itu akan menjadi masjid resmi pertama dibangun di ibu kota namun sebelumnya sudah ada beberapa tempat musala bagi muslim beribadah. Jumlah imigran muslim di Yunani terus meningkat terutama berasal dari Pakistan.


0 comments:

Post a Comment