Thursday, November 14, 2013

Jatuh cinta bikin orang tak konsentrasi kerja?

Katakepo.blogspot.com - Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Motivation and Emotion, orang yang sedang jatuh cinta kurang mampu untuk fokus dan melakukan tugas-tugas yang membutuhkan perhatian.

"Bila Anda baru saja terlibat dalam hubungan romantis, Anda mungkin akan merasa lebih sulit untuk fokus pada hal lain karena Anda akan menghabiskan sebagian besar pikiran Anda untuk memikirkan kekasih Anda," jelas peneliti Henk van Steenbergen, seperti dilansir The Daily Mail.

Ketika gairah cinta seseorang meningkat, seluruh perhatiannya kemungkinan hanya akan terpusat pada kekasihnya. Akibatnya, tingkat konsentrasi seseorang pada tugas sehari-harinya, seperti belajar dan bekerja menjadi terganggu.

Untuk membuktikannya, Henk van Steenbergen bersama rekan-rekannya dari Leiden University dan University of Maryland, mempelajari 43 peserta studi yang telah menjalin hubungan selama kurang dari enam bulan.

Para peserta juga diputarkan musik yang menimbulkan perasaan romantis, dan diminta memikirkan kejadian romantis untuk mengintensifkan perasaan cinta mereka, sebelum akhirnya diminta menyelesaikan kuesioner yang digunakan menilai intensitas cinta mereka.

"Alasan mengapa cinta bisa dikaitkan dengan kontrol kognitif masih belum diketahui," lanjut Henk van Steenbergen.

Henk van Steenbergen mengambil kesimpulan bahwa ketika seseorang jatuh cinta, dia hanya akan memikirkan sesuatu yang mereka sukai dan berhenti melakukan sesuatu yang membosankan.

0 comments:

Post a Comment