Thursday, November 28, 2013

Basuki: Sumbang Pengemis, Kamu Rusak Mental Dia

Katakepo.blogspot.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengingatkan warga Jakarta dampak dari memberi kepada pengemis. Meski baik, dampaknya buruk.

"Karena sumbangan kamu, uang kamu merusak mental dia, kamu itu tidak baik. Niat kamu memang baik, tapi akibatnya buruk," kata Basuki di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (28/11/2013).

Dengan terus menerima uang dari orang lain, para pengemis tersebut jadi lebih memilih untuk meminta-minta ketimbang bekerja. Oleh karenanya, Basuki meminta warga Jakarta tidak memberikan sumbangan kepada para pengemis.

Selain akan membuat mereka malas, memberikan sumbangan pun hanya akan memelihara keberadaan para pengemis tersebut.

"Sama kayak kita suruh orang kerja. Kamu kerja seharian dapat Rp 75.000. (Tukang parkir) tiga jam cuma maju-maju, mundur-mundur, jadi Pak Ogah dapat Rp 100.000. Kamu mau enggak?" ujar Basuki.

Terlebih lagi, politisi Gerindra ini mengatakan, tak jarang eksploitasi anak dilakukan untuk menjadikan mereka para pengemis jalanan. "Kita sudah saran, kerja sama dengan LSM. Jangan merusak anak-anak dengan uang Anda. Anak-anak kecil pun jadi minta duit kan?" ujar Basuki.

Sebelumnya, seorang pengemis tertangkap dan diketahui mendapatkan uang Rp 25 juta hanya dalam 15 hari. Hal ini memunculkan banyak pertanyaan, layakkah mereka disumbang?

0 comments:

Post a Comment